#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none } -->

Senin, 01 Juni 2009

Sejarah Mozilla


Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilladan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihakmedia, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browserpertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefoxditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorerkeluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya “perang browser”.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada InternetExplorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihakyang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dankurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoftsendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isumengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 2.0. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
Read More..

Sejarah Blogger

Ngeblog memang mengasyikkan dan bisa membuat orang lupa diri. Blog kini sudah menjadi perangkat wajib bagi para pengguna internet. Rasanya kurang lengkap kalau kita belum memiliki blog dijaman cyber ini. Blog menjadi suatu fenomena tersendiri di internet, membuat internet tidak melulu hanya milik para pemilik technology. Melalui blog, seseorang bisa menyuarakan aspirasinya di internet, tanpa perlu keluar banyak biaya. Sebagian besar situs di internet, kini berupa blog, dan juga nampaknya blog lebih “gaul” daripada website biasa. Harus diakui, kemajuan blog seperti sekarang ini, karena andil besar dari blogger.com dan wordpress.com.

Blogger (blogger.com) dimulai oleh sebuah perusahaan yang sangat kecil di San Fransisco yang bernama Pyra Labs pada bulan Agustus 1999. Kala itu tengah terjadi booming dot com, dan blogger berusaha bersaing dengan situs dot com. Pendirinya tiga sekawan, pada awal menciptakan blogger, hanya iseng-iseng saja dan mereka berpikir “ini sepertinya menarik”. Awalnya, mereka di kontrak oleh suatu perusahaan besar untuk melakukan suatu proyek web untuk perusahaan besar itu, dan tiga sekawan itu mendapat dana dari sana. Blogger dimulai dengan sangat sederhana, dan akhirnya membesar, selama beberapa tahun.

Pada saat keruntuhan dot com terjadi, blogger ikut terkena dampaknya, mereka (tiga sekawan) nyaris bangkrut dan mereka mengalami masa-masa sulit. Saat itu mereka hampir tidak selamat, terpecah-pecah, tapi masih bisa mempertahankan layanan tetap berjalan sepanjang waktu dan mulai bangkit kembali.

Tahun 2002, mereka mulai mengalami kesenangan, mereka telah memiliki ratusan ribu users di tahun itu. Dan saat Google berniat membeli mereka, segalanya berubah. Akhirnya google membeli mereka (blogger) dan google menyukai blog. Ini sebuah timbal balik yang selaras. Kini blogger merupakan tim kecil di google, mempunyai misi untuk menolong orang memiliki suara mereka sendiri di web dan mengorganisasikan informasi dunia dari perspektif perorangan.
Read More..

Sejarah Wordpress


Segalanya dimulai di tahun 2001, ketika blogware bernama b2/cafelog yang di develop oleh Michel Valdrighi di hentikan pengembangannya. Kala itu, seorang developer web bernama Matt Mullenweg yang menggunakan b2 sebagai blogware utama untuk situsnya memutus kan untuk mengembangkan sebuah blogging software yang dikembangkan dari codebase b2 pada 2003. ia pun pada akhirnya dikontak oleh Mike Little dan akhirnya mengembangkan software ke dalam bentuk yang lebih modern lagi dan sesuai dengan standar web Pa dan kebutuhan Matt. Pada akhirnya, Michel valdrighi selaku pengembang asli dari blogware b2 pun bergabung pada tim mereka.
27 Mei 2003. Wordpress pertama kali di rilis ( versi 0.7 )
19 desember 2003, Wordpress wiki di publish. Kita mengenalnya sekarang dengan codex.wordpress
3 Januari 2004, Wordpress versi 1.0 di rilis. Upgrade besar besaran dari vrsi sebelumnya. Edit link, interface admin baru, multiple category, dan fitur - fitur yang sangat usefull hingga versi terkini wordpress.
22 Mei 2004, versi 1.2 dirilis. perubahan besar - besaran. POst review, Arsitektur plugin baru, sistem moderasi komentar yang lebih oke.

Pertengahan februari 2005, versi 1.5 dirilis. kemampuan memanage static page ( atau kita kenal dengan page pada wordpress ) telah merubah wordpress dari simple blog management menjadi full content management system. Theme system yang memudahkan user merubah tampilan, dan juga default template baru dengan codename Kubrick yang didesain oleh Michael Heilemann
Tahun 2005 merupakan tahun yang sanga berarti untuk wordpress. versi 1.5 di download lebih dari 900,000 kali, dan dimulainya service wordpress di wordpress.com
Desember 2005, versi 2.0 dirilis. fitur baru pada rich editting, sistem administrasi yang lebih baik, upload image, pengembangan import system, posting yang lebih cepat, pengembangan yang lebih baik untuk developer plugin.
tahun 2006, blogware wordpress di download sebanyak 1,545,703 kali, dan 371 plugin unik yang di download sebanyak 191,567 kali. pada tahun ini juga pertama kali diadakannya WordCamp pertama kali di san fransisco
22 Januari 2007, versi 2.1 dirilis. desain ulang interface dan pengembangan tools editing, pengembangan opsi manajemen konten, dan optimasi database
16 Mei 2007, versi 2.2 dirilis. fitur support widget untuk template, support Atom feed, optimasi kecepata, revisi sistem taksonomi untuk category seperti tags
24 September 2007, versi 2.3 dirilis. support native tagging, sistem taksonomi baru untuk category, notifikasi yang mudah untuk update, dan support penuh terhadap Atom 1.0
pada tahun 2007 engine wordpress di download sebanyak 3,816,965 kali. dan terdapat 1,384 plugins yang di download sebanyak 2,845,884 kali . Meningkat 15 kali. pada tahun 2007 ini juga wordpress mengadopsi sistem release reguler terjadwal. rilis fitur major dijadwalkan sekitar setiap 3 - 4 bulan, atau 3 kali dalam setahun.
29 maret 2008, versi 2.5 dirilis. para developer men-skip versi 2.4 sehingga versi 2.5 mengandung 2 major release. versi 2.5 membawa interface admin bar.
15 july 2008, versi 2.6 dirilis dengan sejumlah peningkatan krusial. dari word count, theme preview dan revisi post ala wiki. anda bisa melihat ulasan lengkapnya di post kami yang ini.
Read More..

Sejarah Joomla


Lahirnya Joomla pada tahun 2005 dengan versi awalnya yaitu versi 1.0, berkaitan dengan Mambo sebagai CMS yang lahir lebih awal pada bulan April 2001. Mambo dibuat oleh Miro Corporation Australia. Pada masa-masa itu, Mambo dikenal sebagai aplikasi CMS terpopular yang tersedia gratis dengan source code, luar biasa dan ampuh. Namun, karena perbedaan prinsip di antara para staff Mambo, maka tahun 2002, produk Mambo terpecah menjadi produk komersil dan versi open-source. Pengembang Mambo komersil bernama Mambo CMS, sedangkan pengembang versi open-source bernama MOS (Mambo Open- Source). Letak perbedaan dari keduanya adalah sistem keamanan, gratis atau tidak, dan ditujukan kepada kalangan siapa.

Akhirnya pada tanggal 1 September 2005, beberapa staff pengembang MOS benar-benar memutuskan meninggalkan proyek Mambo dan membuat CMS baru yaitu Joomla 1.0, yang free, open-source dan bersifat komunitas. Tanggal 17 September 2005, Produk Joomla versi 1.0 dipublikasikan. Jika sebelumnya Anda telah menggunakan Mambo, maka untuk mempelajari Joomla 1.0 tentu sangat mudah, karena struktur sistem dan tampilan Joomla versi ini masih sama dengan Mambo, bahkan dukungan komponen dan modul pada Mambo dapat Anda gunakan pada Joomla versi tersebut.

Dalam waktu singkat sejak Joomla lahir, penggunaan dan pengembangan CMS kian marak. Dalam tahun pertama, Joomla didownload lebih dari 2,5 juta kali, terdapat lebih dari 65.000 pengembang Joomla yang resmi, serta terbukti tidak terhitung bahwa banyak website dikembangkan dari Joomla. Dewasa ini, CMS Joomla telah diadopsi beberapa webmaster dari Brasil ke Belanda, dari AS ke Italia dan dari Australia ke Cina. Joomla 1.0 telah dikatakan stabil pada versi terakhirnya 1.0.15.

Joomla telah memenangkan penghargaan-penghargaan misalnya Bulan Oktober 2005, Joomla memenangkan 2 penghargaan dari Linux World London sebagai Yang terbaik dari proyek Linux Open Source. Joomla pun menjadi salah satu dari 50 proyek open-source yang terbaik skala dunia.

Mulai dari versi 1.5 Betanya di bulan Oktober 2006 sampai akhir tahun 2008, Joomla terus disempurnakan oleh berbagai webmaster dari belahan dunia, misalnya saja sampai bulan Januari 2009, versi Joomla 1.5 telah sampai pada versi 1.5.9 dengan perbaikan bug-bug yang dilaporkan. Pada versi 1.5, sistem pemrograman dan layout sudah jauh berbeda dengan versi Joomla pendahulunya, Joomla 1.0. Namun, bukan berarti Joomla versi Stabil 1.0.15 ditinggalkan oleh para user setianya karena terbukti masih banyak pengembang komersil maupun non-komersil yang terus membuat komponen dan modul agar bisa dipakai baik oleh Joomla 1.5 maupun Joomla 1.0.
Read More..

Sejarah Microsoft Windows


Microsoft memulakan penyeledikkan tentang Interface Manager (yg kemudiannya dinamakan MS WIndows) pada september 1981. Walaupun prototype pertama yg digunakan adalah menu “Multiplan” dan Word-like yg terletak dibahgian bawah paparan skrin, kemudian antaramuka ini telah di ubah pada tahun 1982 dengan menggunakan menu “pull-down” dan dialogs sebagaimana yg digunakan pada XeroX Star.

MS akhirnya mengumumkan nama WINDOWS pada November 1983 bersama dengan pelancaran VisiOn (OS yg dikeluarkan oleh VisiCorp) dan TopView. VisiOn dan TopView adalah pesaing awal Windows.

Windows menjanjikan antaramuka grafic mudah guna (easy-t-use graphical interface) , device independent graphics dan penggunaan “multitasking”. Pelancarannya telah di tunda beberapa kali sehinggalah November 1985, Windows 1.0 dilancarkan. Dengan pelbagai perisian yg disediakan , namum pada mulanya penjualan OS ini agak lembab.

Windows 1.0 November 1985MS-DOS Executive, Calendar, Cardfile, Notepad, Terminal, Calculator, Clock, Reversi, Control Panel, PIF (Program Information File) Editor, Print Spooler, Clipboard, RAMDrive, Windows Write, Windows Paint

Windows 2.0 /286 1987
Menambah penggunaan ikon. Pada masa ini Windows sudah menjadi platform utama bagi Pengeluar perisian seperti Excel, Word for Windows, Corel Draw!, Ami, PageMaker dan Micrografx Designer.

Windows/386 Akhir 1987
Kebolehan yg sama dengan Windows/386 tapi di tingkatkan sedikit dari segi keupayaan menjalankan beberapa aplikasi DOS dalam 1 masa (multitasking)

WIndows 3.0 May 1990
Membawa perubahan baru dalam dunia perkomputeran. Terjual lebih 10 juta salinan. Dengan keupayaan 640k memori dan antaramuka yang menarik telah menarik minat ramai pengusaha/pengeluar perisian untuk membangunkan aplikasi bagi platform ini.

Windows 3.1 April 1992
Sedikit peningkatan dalam persekitaran Windows. Terjual 3 juta salinan dalam masa 2 bulan termasuk versi peningkatan (upgrade version)
Windows 3.11Tiada ciri-ciri baru. Tetapi dipertingkatkan untuk memperbetulkan kebanyakannya adalah berkaitan dengan jaringan (networking). Boleh di download free dari Microsoft.

Windows for Workgroups 3.1 Oktober 1992
Penyatuan semua ciri² Windows terdahulu dan sistem rangkaian. Menyediakan “peer-to-peer file and printer sharing”. Memberikan kesenangan kepada pengguna untuk menyediakan satu rangkaian. Sistem perkongsian file diperkenakan untuk memudahkan file dicapai oleh orang lain samada dari platform sama atau pun dos. Memasukkan aplikasi baru “microsoft mail dan Schedule”

Windows for Workgroups 3.11 November 1993
Windows NT 3.1 1 Mac 1994Platform untuk sistem yg tinggi “High end system”. Untuk kegunaan Pelayan Rangkaian. Antaramuka adalah sama dengan Windows 3.11, tetapi menggunakan kernel OS yg baru.

Windows NT 3.5 12 April 1994
Menyediakan OLE 2.0. Kemampuan dipertingkatkan dan mengurangkan penggunaan memori. Di lancarkan pada September 1994. Windows NT 3.5 Workstation menggantikan Windows NT 3.1, dan Windows NT 3.5 Server menggantikan Windows NT 3.1 Advanced Server

Windows NT 4.0 15 Mac 1994
projek pertama Microsoft untuk “object-oriented Windows”.
Windows 95 August 1995Menggunakan system 32bit dan membolehkan “multitasking”. Mengambil alih sistem dari dos sebaik sahaja sistem beroperasi. Antaramuka yg terbaik dari sebelumnya.
Windows CE Berasaskan Windows95 dan Windows NT. Sesiapa yg sudah biasa dengan Windows95 tiada masalah menggunaan system ini. Di gunakan dalam kompter telapak (PDA)
Windows CE 1.0 November 1996Tahun kemudiannya 500000 kompter telapak terjual menggunakan WIndows CE

Windows CE 2.0 Awal 1998

Windows CE 3.0 15 Jun 2000
Windows98 June 1998Adalah generasi dan dunia baru bagi penggunaan internet. Ciri² Active desktop membolehkan kita mencapai capaian internet terus dari desktop. Internet explorer 4.0 adalah browser baru yang menyokong HTML 4.0. sokongan ACPI pada OnNoW adalah untuk pengurusan kuasa (power management) yang lebih baik. Dilengkapi peralatan untuk menukarkan FAT16 kepada FAT32. Ciri “Multiple Display Support” membolehkan pengguna menggunakan sehingga 8 monitor sekaligus. Menyokong perkakasan baru dan juga teknologi baru seperti DVD, Firewire, USB, dan AGP. Win32 driver model membolehkan pengguna menggunakan driver yang sama dengan Windows NT 5

Windows NT 5 November 1998
Mengandungi banyak ciri² baru. Sama seperti Windows 98, NT 5 di datangkan bersama IE 4.0. WIndows NT 5 akan di kenali sebagai Windows 2000.

Windows 2000 17 Februari 2000
Manjadi platform yang terbaik dalam keluarga WINDOWS yang menyediakan perkhidmatan INternet, Intranet, Extranet dan pengurusan aplikasi menggunakan Active Directory. Pengguna boleh menyediakan VPN (virtual private network) sendiri yg selamat menggunakan sambungan internet dan pilihan protokol sendiri. Boleh meng”install” aplikasi kepada komputer pengguna didalam LAN menggunakan Windows Installer.

WIndows ME 14 September 2000
Singkatan dariperkataan Millenium Edition. Adalah untuk pengguna di rumah. Di tambah dengan banya fungsi multimedia. Seperti Movie Maker. WIndows ME pada asasnya adalah peningkatan dari OS terdahulu yang mana menggunakan DOS-base OS.

Windows XP 225 Oktober 2001
Adalah satu OS yang baru untuk pengguna. Lari dari bayangan OS terdahulu WINDOWS. Menggunakan 32-bit kernel yg menjadi asas Windows NT dan Windows 2000. Mengandung banyak ciri² baru yang tak terdapat pada OS terdahulu. Namum masih lagi boleh menjalankan perisian² lama dari versi terdahulu.
Read More..

Sejarah You Tube

Youtube adalah sebuah sebuah situs web video sharing (berbagai video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal : Steve Chen, Chad hurley, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian internet, Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.

Pada 9 oktober 2006, YouTube dibeli oleh Google dengan harga US$ 1,65 miliar. Ini menjadikan ketiga orang penggagas YouTube menjadi kaya raya.

PEMBLOKIRAN YOUTUBE DI BEBERAPA NEGARA

Youtube merupakan situs ketiga yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet di dunia setelah Yahoo dan Google (ketiak tulisan ini dibuat).Silahkan klik disini untuk melihat 500 situs yang sering dikunjungi pengguna internet di seluruh dunia.Youtube telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan.

NEGARA-NEGARA YANG PERNAH MEMBLOKIR YOUTUBE

· Arab Saudi Youtube dapat diakses di Arab Saudi, tetapi halaman untuk mengkonfirmasi tanggal kelahiran pengguna diblokir, mencegah para pengguna internet di Arab Saudi melihat halaman yang dinyatakan untuk dewasa di YouTube.

· Armenia Karena Armenia menyatakan keadaan darurat sebagai hasil dari protes pemilihan presiden Armenia 2008, YouTube telah diblokir di Armenia sejak 2 maret 2008. Dibawah keadaan darurat, tidak ada media yang diperbolehkan menyiarkan berita kecuali media nasional.

· Brazil YouTube dituntut oleh model Brazil dan VJ MTV, Daniela Cicarelli (lebih terkenal sebagai bekas tunangan Ronaldo) bahwa situs ini menyediakan video yang dibuat oleh paparazzi. Video itu menampilkan dia bersama pacarnya melakukan hubungan seksual di sebuah pantai di Spanyol. Tuntutannya meminta agar semua video itu dihapus, jika tidak, Youtube akan diblokir di Brazil. Pada hari sabtu, 6 januari 2007, perintah legal memerintahkan agar penyaring diletakkan untuk mencegah pengguna internet di Brazil untuk mengakses situs itu.

Pengukuran keefektifan dipertanyakan karena video itu tidak hanya ada di YouTube, tetapi juga di situs lain sebagai sebagai bagian fenomena internet. Pada hari selasa, 9 januari 2007, pengadilan yang sama berbalik dari pilihan mereka sebelumnya, meminta penyaring dihapus. Setelah pelarangan YouTube di Brazil, terdapat situs brtube.com, sebagai pengganti YouTube di Brazil.

· Iran Pada 3 desember 2006, Iran memblokir YouTube bersama dengan beberapa situs lainnya setelah menyebut "amoral". Pelarangan Youtube dilakukan setelah video mengenai bintang sinetron Iran dimasukkan ke YouTube. Beberapa sumber mengklaim bahwa pemblokiran ini disebabkan oleh film yang mengagungkan MKO (Grup perlawanan Iran utama melawan rezim Islam fundamentalis).

· Maroko Pada 25 mei 2007, Maroc Telecom (perusahaan milik negara Maroko) meblokir semua akses ke YouTube. Tidak ada alasan yang diberikan mengapa YouTube diblokir, tetapi terdapat spekulasi bahwa hal itu memiliki hubungan dengan grup separatis Polisario atau terdapat video yang mengkritik raja Mohammed VI. Youtube dapat diakses kembali pada 30 mei 2007.

· Republik Rakyat Cina Sebagai bagian dari program penyensoran Golden Shield, Youtube diblokir di Republik Rakyat Cina sejak 15 oktober 2007.

· Suriah YouTube kini diblokir di Suriah.

· Thailand Pada 8 maret 2007, Youtube diblokir di Thailand. Banyak pengguna internet di Thailand mempercayai alasan pemblokiran adalah video pidato, Thaksin Shinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand di CNN. Pemerintah Thailand tidak mengkonfirmasi alasan pemblokiran, tetapi YouTube dapat diakses kembali pada 10 maret 2007.

Pada malam 3 april 2007, YouTube kembali diblokir di Thailand. Pemblokiran ini disebabkan karena adanya video yang menghina Raja Bhumibol Adulyadej. Youtube kembali dibuka pada 30 agustus 2007, setelah YouTube setuju untuk menghapus video yang menghina Raja Thailand itu.

Pada 21 september 2007, Thailand mengumumkan mereka meminta perintah pengadilan untuk memblokir video yang muncul di YouTube menuduh Prem Tinsulanonda mencoba memanipulasi tahta kerajaan untuk menjadikannya Raja Thailand.

· Turki YouTube diblokir di Turki pada 6 maret 2007 sampai 9 maret 2007.YouTube kembali diblokir pada 18 januari 2008 dan kembali dibuka pada 27 maret 2008.

· Uni Emirat Arab YouTube diblokir di Uni Emirat Arab. Situs ini dapat diakses, tetapi pengguna internet di Uni Emirat Arab tidak dapat mengakses halaman pengguna.

· Pakistan YouTube diblokir di Pakistan dan pemblokirannya dibuka pada 26 februari 2006.

· Indonesia Pada 1 april 2008, Menteri Informasi Indonesia, Muhammad Nuh, menulis surat kepada YouTube untuk menghapus sebuah film Belanda, Fitna, yang dibuat oleh politisi sayap kanan Belanda, Geert Wilders. Pemerintah Indonesia memberikan waktu dua hari kepada YouTube untuk menghapus video itu atau YouTube akan diblokir di Indonesia. Pada 4 april 2008, Muhammad Nuh meminta semua ISP Indonesia untuk meblokir akses ke YouTube. Pada 5 april 2008, YouTube diblokir sebagai sebuah percobaan oleh sebuah ISP. Akhirnya pada 8 april 2008, YouTube bersama dengan MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak, dan situs resmi Fitna diblokir di Indonesia. Pemblokiran YouTube dan situs lainnya akhirnya dibuka pada 10 april 2008.
Read More..

Sejarah Munculnya Google

Google…

unik namanya, unik sejarahnya

Siapa yang tak kenal dengan Google. Bagi semua peselancar dunia cyber pasti sudah sangat akrab dengan Om Google ini. Google sangat terkenal dengan mesin pencari di rimba belantara dunia maya. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetik kata sandi yang diinginkan maka Om Google akan melacak dan mencari informasi apapun yang diinginkan.

Google dengan dua “o” pun unik, sebab jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah “o” akan muncul sebanyak Web yang didapat oleh mesin pencari.

Kata Google berasal dari kata Googlo. Kata itu diciptakan oleh Milton Sirotta, Ponakan Edward Kasner seorang ahli Matematika dari AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.

Tapi tahukan Anda, Google tak hanya unik dari asal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumnus Universitas Michigan (24), yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid (23) yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.

Dalam pertemuan tanpa sengaja tadi, dua pendiri Google tersebut sering terlibat diskusi panjang. Keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan. Namun, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan unik dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yakni, masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.

Pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus.Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Pertemuana mereka terjadi pada pagi buta di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto. Larry dan Sergey memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama.

Melalui demo itu Andy setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1 juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park,

California.Misi Google adalah, “untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna.” Filosofi Google meliputi slogan seperti “Don`t be evil”, dan “Kerja harusnya menatang dan tantangan itu harusnya menyenangkan”, menggambarkan budaya perusahaan yang santai.

Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling diminati di Amerika, dengan jumlah pegawai sekitar 10 ribu orang.
Read More..

Apakah Anda Yahoo!??

JIKA anda tergolong orang yang sering ber-chatting ria di internet, anda pasti mengenal yang namanya Yahoo! Mesengger. Yahoo! Mesengger atau yang sering disingkat YM adalah salah satu alat komunikasi via internet yang sudah populer sejak era 90-an dan hingga saat ini masih tersedia secara cuma-cuma.

YM adalah salah satu produk yang dirilis oleh Yahoo! Inc., sebuah perusahaan perseroan asal AS yang bisnis utamanya bergerak di bidang jasa layanan konten internet. Yahoo! Inc, menawarkan beragam produk dan jasa berbayar maupun gratis seperti mesin pencari, berita, Yahoo! Directory, Yahoo! Finance, Yahoo! Mail, dll. Yahoo! dibentuk pertama kali oleh dua orang mahasiswa Universitas Stanford, Jerry Yang dan David Filo pada Januari 1994 dan kemudian menjadi perseroan terbatas pada 2 Maret 1995. Yahoo yang memiliki slogan “Do You Yahoo!?” sekarang bermarkas utama di Sunnyvale, California, AS. Menurut data dari sejumlah analis lalulintas web (Compete.com, comScore, Alexa, Netcraft, dan Nielsen Ratings), yahoo.com adalah domain web yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2008 dengan jumlah kunjungan sedikitnya 1,575 miliar klik. Sedangkan menurut data bulan Oktober 2007, jaringan global situs Yahoo! di-klik oleh rata-rata 3,4 milyar pengunjung per hari. Catatan ini menjadikan Yahoo! sebagai situs web nomor dua yang paling banyak dikunjungi di AS dan yang terbanyak di dunia.

Sejarah dan Perkembangan Asal Mula (1994-1996)

Asal Mula (1994-1996)

Pada bulan Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo membuat sebuah situs web yang diberi nama "Jerry's Guide to the World Wide Web." Awalnya, situs Jerry's Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.

Bulan April 1994, "Jerry's Guide to the World Wide Web" diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo juga adalah singkatan dari "Yet Another Hierarchical Officious Oracle". Sedangkan alamat URL-nya adalah: akebono.stanford.edu/yahoo.

Namun, nama “Yahoo” sebenarnya telah lebih dulu dipatenkan menjadi merek produk saus barbekyu dan perahu karet oleh perusahaan lain. Inilah sebabnya mengapa Yang dan Filo terpaksa menambahkan sebuah tanda seru di belakang kata Yahoo sehingga menjadi “Yahoo!”. Walaupun demikian, tanda seru itu sering diabaikan saat orang menyebut Yahoo.

Akhir tahun 1994, Yahoo mencatat perkembangan mencengangkan karena telah di-klik oleh sekitar satu juta pengunjung. Menyadari potensi ini, Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo sebagai sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995. Tahun berikutnya, tepatnya tanggal 12 April 1996, Yahoo mendapatkan dana segar sebesar 33,8 juta dolar AS yang dihimpun dari hasil penjualan 2,6 juta lembar sahamnya seharga USD 13 per lembar.

Perkembangan (1997-1999)

Tak mau ketinggalan dari para para pesaingnya, Yahoo mulai mengembangkan sayap hingga menjadi sebuah situs portal. Pada akhir dekade 90-an, sejumlah portal dan direktori situs seperti Yahoo, MSN, Lycos, Excite, dll berkembang sangat pesat. Mereka berlomba-lomba mengakuisisi layanan-layanan internet lain yang lebih kecil untuk dimasukkan dalam layanannya dengan harapan agar pengunjung/pengguna lebih betah dan setia di portalnya.

Tercatat pada 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan layanan komunikasi online yang bernama Four11. Salah satu produk Four11 yang terkenal adalah Rocketmail. Yahoo lalu mengubah nama produk ini menjadi Yahoo! Mail. Selanjutnya, Yahoo membeli ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games. Tahun 1998, Yahoo mengakuisisi GeoCities, kemudian mengambil alih eGroups yang dirubah namanya menjadi Yahoo! Groups. Tanggal 21 Juli 1999, Yahoo meluncurkan salah satu produk terlarisnya: Yahoo! Messenger.

Yahoo! International

Sebagai sebuah portal besar, selain bahasa Inggris, Yahoo! juga mengelola layanan situs multi bahasa. Terdapat 42 layanan bahasa dalam portal Yahoo saat ini, yang di antaranya adalah Argentina, Brazil, Jerman, Perancis, Jepang, Thailand, India, Indonesia, dll.

Fenomena Dot-com bubble (2000-2001)

Dot-com bubble adalah sebuah periode masa (1995-2001) di mana sejumlah perusahaan berbasis internet seperti Yahoo, Google, AOL, dsb mencapai puncak kejayaannya yang ditandai dengan melambungnya harga saham perusahaan-perusahaan tersebut di lantai bursa. Pada 3 Januari 2000, saham Yahoo mencapai harga tertingginya pada level USD118,75 per lembar saham. Enambelas hari kemudian, saham Yahoo di Jepang mencatat sejarah sebagai saham pertama di lantai bursa Jepang yang diperdagangkan di atas J¥100,000,000, dengan harga per saham J¥ 101,4 juta atau sekitar USD 962,140 (kurs waktu itu).

Saking populernya, portal yahoo.com sempat mengalami hang beberapa jam pada 7 Februari 2000 akibat serangan hack. Namun ajaib pada keesokan harinya, harga saham Yahoo malah meningkat naik 4,5 persen.

Saat masa emas ini, Yahoo dan Google sempat mengikat suatu kerjasama yang dimulai pada 26 Juni 2000 di mana waktu itu Yahoo mengontrak Google untuk menempatkan mesin pencarinya sebagai mesin pencari standar di portal Yahoo.

Periode pasca dot-com bubble (2002-2006)

Yahoo adalah salah satu dari sedikit perusahaan besar berbasis internet yang bertahan setelah fenomena dot-com bubble berakhir. Pada 26 September 2001, saham Yahoo mencapai harga terendah pada titik USD 4,06.

Akhir 2002, untuk mengembangkan teknologi mesin pencarinya Yahoo menggandeng Inktomi. Bulan Februari 2003, Yahoo membeli Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets. Selanjutnya, Juli 2003, Yahoo mengambilalih saham Overture Services, Inc yang mengelola AltaVista dan AlltheWeb.

Setelah dirasa cukup, pada tanggal 18 Februari 2004 Yahoo secara resmi memutus kerjasamanya dengan Google dan mengembangkan teknologi mesin pencarinya sendiri.

Google kemudian merilis layanan email gratisannya sendiri, Gmail, yang berkapasitas 1 GB pada 1 April 2004. Melihat hal ini, Yahoo segera merespon dengan meningkatkan kapasitas mailbox email gratisan dari 4 MB menjadi 100 MB dan mailbox email berbayar Yahoo Mail Plus dari 1 GB menjadi 2 GB. Tak cukup sampai situ, pada 2007 Yahoo mengumumkan kapasitas mailbox-nya menjadi tak berbatas. Saat Google merilis Google Talk (produk yang hampir mirip dengan Yahoo! Mesengger) pada 2005, Yahoo bekerjasama dengan Microsoft mengumumkan bahwa Yahoo! Mesengger bisa dipakai multi fungsi bersama MSN Mesengger (produk serupa dari Microsoft).

Yahoo melanjutkan ekspansi dengan mengakuisisi sejumlah layanan lain dan menggabungkan layanan tersebut bersama layanan versinya sendiri. Beberapa layanan yang dimaksud adalah: Flickr, blo.gs, Upcoming.org, del.icio.us, webjay, dll.

Produk dan Layanan

Sampai saat ini, Yahoo menyediakan hampir semua layanan internet populer yang digunakan oleh para pengguna internet mutakhir. Dalam portalnya sendiri, selain menampilkan berita-berita regional dan dunia terkini, Yahoo juga menyediakan layanan Yahoo Finance, Maps, Yellow Pages, dsb, serta memberi kemudahan bagi para pengguna dengan menampilkan sejumlah akses cepat ke beragam layanan lain seperti: Yahoo! Mail, Yahoo Weather, Yahoo! Groups dan Yahoo! Messenger.

Mode Pencarian/Search:
Dalam mode pencarian, Yahoo melengkapinya dengan sejumlah layanan seperti Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, and Yahoo! Shopping Search.

Komunikasi:
Layanan ini merupakan layanan Yahoo yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Yahoo! Mail sampai saat ini masih merupakan layanan email terbesar di dunia di mana jumlah penggunanya diperkirakan setengah dari total jumlah pengguna email. Sedangkan Yahoo! Messenger masih mendominasi jumlah pengguna dalam hal layanan instant messenger. Yahoo juga menawarkan beberapa layanan jaringan sosial seperti: My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, dan Flickr.

Isi/Konten:
Yahoo bekerjasama dengan ratusan penyedia konten lainnya menyajikan beragam info yang mencakup: Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo Movies, Yahoo News, dan Yahoo! Games. Pengguna Yahoo juga diberikan kemudahan untuk mengumpulkan fitur-fitur Yahoo favorit pilihannya ke dalam satu halaman sendiri yang diberi nama My Yahoo.

Mobile:
Yahoo! Mobile mencakup sejumlah layanan seperti: on-the-go messaging, instant messaging, moblogging, alerts, ringtones, mobile games, photos, dan bahkan Yahoo! messenger for SMS (Di Indonesia layanan ini hanya bisa untuk pemakai kartu Halo, SIMpati, Mentari dan Pro XL).

OneSearch:
Yahoo memperkenalkan sistem pencariannya sendiri yang disebut oneSearch, yang utamanya diperuntukkan bagi telepon seluler. Yahoo mengklaim hasil pencariannya berbeda dengan hasil pencarian mesin-mesin pencari lain, di mana dalam hasilnya juga ditampilkan tajuk berita, gambar, daftar perusahaan, nama kota beserta kode pos, prakiraan cuaca, dan tautan ke situs lain.

Commerce/Perdagangan:
Termasuk dalam layanan ini adalah: Yahoo! Shopping, Yahoo Autos, Yahoo Real Estate dan Yahoo Travel yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi dan membuat transaksi atau pembelian secara online.

Small Business/Usaha Kecil:
Para pelaku usaha bisa menggunakan layanan-layanan seperti: Yahoo Domains, Yahoo Web Hosting, Yahoo Merchant Solutions, Yahoo Business Email, dan Yahoo Store untuk mengembangkan usaha mereka. Selain itu ada juga layanan Hot Jobs yang memfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga kerja.

Advertising/Periklanan:
Untuk para pengiklan tersedia layanan Yahoo! Search Marketing yang di dalamnya ada program-program seperti Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit. Di layanan ini, para pengiklan ditawarkan memasang iklan produknya untuk disebarluaskan melalui jaringan Yahoo. Pada 5 Februari 2007, Yahoo juga telah merilis sistem periklanan internet terbaru dengan nama Panama.

Kritikan dan Kontroversi

Bulan Maret 2004, Yahoo merilis sebuah program berbayar bagi sejumlah situs komersil. Yahoo menjamin akan mengutamakan posisi situs yang membayar pada index mesin pencari mereka. Program ini memang sangat menarik bagi situs-situs yang masih baru dan belum terkenal, namun tak lama kemudian menjadi tidak populer di mata para pengembang situs (yang enggan membayar) dan pihak pengguna (yang tidak puas karena hasil pencarian menjadi tidak obyektif lagi). Akibatnya, sejak bulan Oktober 2006, Yahoo tidak lagi menerapkan program ini secara penuh. Selain itu, Yahoo juga banyak mendapat kritikan karena mendanai sejumlah spyware dan adware yang diselipkan dalam program atau layanan gratisan.

Beberapa tahun lalu, Yahoo bersama-sama dengan Google China, Microsoft, Cisco, AOL, Skype, Nortel dan sejumlah perusahaan lain menjalin kerjasama dengan pemerintah RRC dalam penerapan sistem sensor internet di Cina daratan.

Namun tak seperti Google dan Microsoft yang merahasiakan catatan para penggunanya, Yahoo! malah terang-terangan menyatakan bahwa mereka tidak akan melindungi kerahasiaan catatan para penggunanya dari pemeriksaan pihak yang berwenang di China.

Atas tindakannya ini, sejumlah organisasi Hak Asasi Manusia dan media massa mengecam keras pihak Yahoo! dengan suatu pernyataan pedas yang berbunyi “sungguh ironis, sebuah perusahaan yang selama ini hidup-matinya tergantung pada kemerdekaan/kebebasan informasi dan ekspresi kini malah menjadi sebuah alat sensor.”

Bulan April 2005, seorang jurnalis China yang bernama Shi Tao dihukum penjara 10 tahun karena terbukti “menjual rahasia negara kepada pihak luar”. “Rahasia negara” itu menurut sanak keluarga Shi Tao ternyata hanyalah sebuah daftar ringkas yang berisi mengenai aturan sensor di negeri China yang dikirimkan oleh Shi Tao melalui Yahoo Mail ditujukan pada organisasi Forum Demokrasi Asia sesaat sebelum peringatan Insiden Berdarah Tiananmen.

Kritikan pada Yahoo bertambah gencar ketika diketahui bahwa sebelumnya seorang warga China bernama Li Zhi yang menggunakan sarana Yahoo Mail juga telah divonis penjara 8 tahun dengan tuduhan subversif.

Pada 2 Juni 2006, sebuah wadah persatuan jurnalis se-Inggris Raya dan Irlandia memobilisasi 40.000 anggotanya untuk memboikot semua produk Yahoo Inc sebagai aksi protes atas tindakan Yahoo yang dituduh memata-matai isi mailbox penggunanya di China.

Bulan April 2007, Yahoo dimeja-hijaukan ke pengadilan federal AS oleh seorang aktivis asal China atas tuduhan melaporkan isi diskusi yahoo group-nya ke pemerintah China.

Organisasi Hak Asasi Manusia Sedunia juga pernah menuntut Yahoo pada 28 Agustus 2007 atas tuduhan menyingkap informasi pribadi (email dan ip address) warga negara China ke pemerintah setempat sehingga tejadi penahanan atas sejumlah penulis kritis dan oposan.

Pihak Yahoo berdalih bahwa tindakan mereka yang cenderung membantu pemerintah RRC merupakan bagian dari kebijakan rekonsiliasinya dengan pemerintah setempat. Hal ini dilakukan setelah pemerintah RRC menyegel semua layanan dan produk Yahoo untuk sekian lama.

Di kampung halamannya, AS, layanan Yahoo Image Search mendapat kritikan tajam dari para orang tua karena masih tetap menampilkan gambar-gambar pornografi walaupun mode pencarian aman “SafeSearch” telah diaktifkan.

Tantangan ke depan
Menghadapi berbagai kontroversi dan kritikan ini, Yahoo! Inc., terus berusaha memperbaiki semua produk dan layanannya. Tahun 2008 lalu Yahoo sempat mengalami kesulitan keuangan dan dikabarkan akan bermerger dengan Microsoft. Di awal tahun itu, perusahaan raksasa milik Bill Gates ini menawar Yahoo senilai USD 45 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Akan tetapi beberapa bulan kemudian, Yahoo menolak tawaran tersebut karena menganggap tawaran itu terlalu rendah untuk perusahaan kaliber sekelas Yahoo.

Bagaimanapun, sampai kini para pengguna layanan dan produk Yahoo masih tetap ada dalam jumlah yang banyak. Walaupun sekarang telah muncul banyak pesaing yang menawarkan produk dan layanan serupa, pihak Yahoo masih yakin para pengguna fanatiknya tidak akan meninggalkan mereka.

Memang bagi mereka yang sudah terbiasa memakai apapun produk Yahoo akan enggan berpindah ke layanan lain karena sejumlah alasan klasik, yaitu sudah terlanjur cinta, terlanjur terbiasa, terlanjur………, dsb. Sama seperti penulis yang sampai saat ini masih setia menggunakan Yahoo! Mesengger dan Mail untuk sarana bla...bla…bla...di internet.
Read More..

Sejarah Friendster


Kita tentu tak asing lagi dengan kata Friendster. Nama tersebut telah lama melekat di benak pengguna internet, khususnya mereka yang gemar mencari teman dan membangun jaringan pertemanan di dunia maya. Demikian populernya, hingga mendorong berbagai content provider untuk menghadirkan situs layanan serupa. Jadi, jangan heran kalau saat ini Friendster sudah punya banyak “teman.”

“Jangan ngaku anak gaul kalau nggak punya account di Friendster.” Begitulah kira-kira komentar para remaja yang telah menjadi anggota Friendster.

Mungkin masih banyak komentar lain -dengan gaya bahasa yang lain lagi- yang intinya sama; ada yang kurang kalau belum jadi anggota Friendster. Sebagian dari Anda mungkin tidak setuju, namun mesti diakui kalau Friendster adalah fenomena baru bagi pengguna internet, yang dapat membentuk komunitas tanpa batas setelah e-mail, mailing list, dan instant messenger.

Sebagai salah satu situs pertemanan, Friendster paling banyak diminati di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat, kawula mudanya lebih gemar menjalin pertemanan di MySpace. Mari kita telaah layanan-layanan tersebut satu-persatu. Kita mulai dari yang paling akrab dengan kita, Frienster.

Sistem kerja Friendster hampir mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya teman di Friendster, secara otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu, hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari Friendster ini, selain diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini juga menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya account dengan lebih obyektif.

Ngomong-ngomong, siapa sih orang di balik kesuksesan Friendster? Friendster yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari Friendster. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster University.

Ketika perkembangan Friendster memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment.

Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia. Namun menurut survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik pengunjung Frienster cenderung menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique visitor), maka pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.

Layanan SerupaMaklumlah, kini Friendster tak sendirian lagi sebagai pembentuk komunitas internet. Friendster sudah punya banyak saingan, salah satunya Orkut (http://www.orkut.com/) yang dikelola oleh perusahaan yang mengelola Google. Teman Friendster yang lain, yang sering disebut-sebut, bahkan dipublikasikan pengguna Friendster adalah MySpace (http://www.myspace.com/). Bentuk MySpace hampir serupa dengan Friendster, hanya saja MySpace memberikan beberapa tambahan fitur, seperti Blog, Free Email, Forum, Music, dan Game. Dari tampilan foto dan banner di situs ini, tampaknya MySpace ditujukan untuk konsumsi orang-orang dewasa.

Situs serupa yang juga dilengkapi banyak fitur juga disajikan Multiply (http://www.multiply.com/). Uniknya, pengguna Multiply bisa meng-invite secara langsung teman-temannya di Friendster dan Orkut.

Ada lagi MeetUp (http://www.meetup.com/). Bedanya dengan Friendster, situs ini membagi penggunanya berdasarkan tempat tinggal dan minat masing-masing. Begitu masuk situs ini, kita langsung ditanya negara dan kota mana yang kita inginkan. Ketika penulis mengunjungi MeetUp, member dari Jakarta sudah mencapai lebih dari 5000 orang.

Pembagian kategori berdasarkan minat seperti MeetUp juga menjadi andalan Tribe.Net (http://www.tribe.net/), temen Friendster yang lain. Bahkan di halaman depan sudah ada pembagian member berdasarkan kategori minat dan jumlahnya.

Bila Friendster membuka komunitas online dengan teman tanpa batasan, beberapa situs lain membuka komunitas online berdasarkan kriteria khusus. Linkedin (http://www.linkedin.com/) misalnya, ingin membantu penggunanya membuka komunitas online bagi profesional.
Artinya komunitas ini sangat berguna bagi kelancaran pekerjaan atau bisnis masing-masing member. Lalu ada juga TheFaceBook (http://www.thefacebook.com/) yang membentuk komunitas online melalui jaringan kampus. Jadi kita bisa mencari keberadaan temen-temen sekampus dulu dan kini melalui jaringan TheFaceBook.

Terakhir ada juga jaringan komunitas online yang ditujukan bagi pencari kerja, yaitu Monster (http://www.monster.com/). Ternyata banyak member Indonesia yang bergabung di situs yang dikelola
Microsoft ini.

Di IndonesiaLayanan Friendster versi Indonesia pun belakangan banyak muncul. Yang pertama adalah Temanster (http://www.temanster.com/). Boleh dibilang situs ini adalah foto copy Friendster yang berbahasa Indonesia. Sama persis.

Lalu yang kedua adalah Sohib (http://www.sohib.com/). Ini juga sangat mirip dengan Friendster, hanya desainnya lebih berwarna dengan pilihan warna-warna pastel. Terakhir adalah Fupei (http://www.fupei.com/) yang desainnya sederhana, tapi banyak fitur tambahan seperti Jurnal (Blog), Forum, dan Games.

Dari ketiga situs friendster Indonesia itu, Sohib memiliki paling banyak member (9.000-an). Sedang Fupei memiliki 3.500 member dan Temanster 3.000 member.
Read More..

PENDIRI FACEBOOK, Mark Zuckerberg

Sekarang bukan jamannnya FRIENDSTER apalagi Mailinglist. Ada orang muda berumur 23 tahun menjadi trilyuner berkat internetan.Kekayaannya sekarang mencapai $ 1, 5 Billion atau sekitar Rp 13,95 triliun, atau Rp. 13.950.000.000.000,00 atau kalo dibeliin es cendol bisa buat berlayar hehehe. Berkat hobinya internetan dia menelorkan ide kreatif nya dengan membuat situs Facebook yaitu social-networking semacam Friendster. Heran juga sih ketika kita yang udah punya domain dot com tapi masih berkutat di google adsense sementara banyak banget ide2 kreatif yang bisa di gali untuk meningkatkan pendapatan. Yang lebih mengagumkan adalah Facebook mulai dirintis tahun 2004 jadi gak terlalu lama untuk berkembang sedemikian dahsyatnya. Jadi bagi kita kayaknya belum ketinggalan banget untuk memulai sebuah dot com yang prospeknya cerah itu. Nama Anak muda itu adalah Mark Zuckerberg. Adapaun perkembangan riwayat Facebook hingga mencapai 60 juta pengguna aktif diawali dari kreatifitas Mark Zuckerberg saat kuliah di Harvard. Berikut rangkuman perjalanan lahirnya Facebook hingga sekarang

-Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS)

- Dia suka menyibukkan diri dengan mengutak-atik peralatan elektronik atau program komputer. Pada saat itu, dia bersekolah di Exeter High School, New Hampshire. Di bangku sekolah itulah dia pertama kali berkenalan dengan Adam D’Angelo, yang di kemudian hari menjadi Chief of Technical Officer atau salah satu Direktur Facebook.

- Zuckerberg dan D’Angelo pernah membuat piranti lunak pemutar musik MP3 yang mampu mendeteksi perilaku dan kebiasaan mendengarkan musik penggunanya dan pernah mau dibeli oleh Synapse tapi ditolak oleh mereka.

- Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas.

- Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Ini merupakan situs pemeringkatan foto-foto mahasiswa di Harvard. Para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg beken di kampus dan dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta.

-Karena itu mahasiswa bandel ini malah bikin Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Karena kebekenannya itu dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook.

- Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.

- Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa rumah kecil buat kantor, ceritanya mereka berlibur sambil kerja eh malah keterusan ngerjain facebok, gitu deh kalo dah dapet duit, dan gak balik ke Harvard, putus sekolah meninggalkan kuliah.

-Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan investor pertama mereka, sesama programmer saling membantu kali, sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”

- pada September 2004, Divya Narendra, Cameron Winklevoss, dan Tyler Winklevoss, pemilik situs jejaring sosial HarvardConnection menggugat Facebook. Mereka menuding Zuckerberg telah memakai kode program yang sudah disiapkan untuk situs yang kemudian bernama Uconnect itu, secara ilegal.

- di akhir 2004, pengguna Facebook telah melampaui angka satu juta

- Pada Mei 2005, dia menggandeng Accel Partners. Accel mengucurkan dana US$ 12,8 juta untuk Facebook.

- pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Setelah itu, dia membenahi situs Facebook agar profil halamannya lebih bersahabat.

- Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya.

- pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.

- Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa SMA sebagai temannya. Bayangin aja gimana gak tambah rame nih situs

- BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.

- Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India. Dua bulan berselang, Facebook terpaksa mengeluarkan duit US$ 100.000 untuk menyelesaikan masalah hak cipta dengan quizsender.com.

- Pada Juli 2006, Facebook memperkenalkan layanan baru yang bisa memberikan pendapatan tambahan bagi perusahaan. Dengan menggandeng raksasa komputer, Apple Inc., mereka bekerja sama mempromosikan iTunes. Setiap pekan, iTunes bakal mengirimkan 25 contoh lagu secara gratis kepada pengguna Facebook yang menjadi anggota Apple Student Group.

- pada pertengahan 2006, situs ini sudah merambah Eropa dan Timur Tengah

- Facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook.

- September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.

- Yahoo! mengajukan tawaran akuisisi senilai US$ 1 miliar. Namun, belakangan rencana itu batal terealisasi karena kinerja keuangan Yahoo! di penghujung 2006 anjlok.

- Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar.

-iklan baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerja sama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes

- Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet.

- Gideon Yu, mantan Direktur Keuangan You Tube, menjadi Direktur Keuangan Facebook.

- Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen.

- Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut Facebook Beacon.

- triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan duit senilai US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.

- sekitar 60 juta pengguna aktif pada akhir tahun lalu. Jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun.

- Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa.Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka di kantor. Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.
- Meski sudah mampu menghimpun harta kekayaan hingga US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun Zuckerberg tetap tampil apa adanya, seperti pemuda kebanyakan yang menggemari pakaian santai. Dia juga masih tinggal di apartemen tipe studio dengan perabotan seadanya: selembar kasur yang diletakkan begitu saja di atas lantai dan dua buah kursi.

- para analis memperkirakan nilai perusahaan Facebook sudah melonjak jadi US$ 15 miliar. Zuckerberg belum tertarik menjual sahamnya di lantai bursa
Read More..


Danu Purwanto

Club

My Blog








Wahyu Hidayat










Acmad Riyadh











Stella Aditiya











Novi Taria


My Blog











Deni Ardini

My Blog













M Safrudin











Ari Wahyuni











Arief H













Fatchi

My Blog Read More..

My Friends...

My Adventure...

Ruang Komentar

Name:
Email Address:
Pesan:

create form